Jumat, 28 November 2025

Bronjong Bantuan BPBD Pulihkan Debit Air Perumda Trita Tanpanama

Pemasangan Bronjong untuk memperkuat aliran air baku pascabencana

Lasusua, TrenNews.id — Perumda Air Minum Trita Tanpanama melakukan pemasangan bronjong di intake 1 dan 2 sebagai langkah strategis memulihkan dan memperkuat aliran air baku pascabencana. Pemasangan ini bertujuan untuk menambah debit air masuk serta memperkuat struktur sungai agar aliran air tetap stabil dan tidak tergerus banjir. Bronjong tersebut merupakan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Utara.

Direktur Utama Perumda Air Minum Trita Tanpanama, Tasrim, S.Ag., M.Si., menjelaskan bahwa sebelumnya bronjong yang telah terpasang di sekitar intake hilang dan hanyut terbawa arus deras saat banjir melanda beberapa waktu lalu. Kondisi tersebut menyebabkan pasokan air baku menurun drastis dan memengaruhi tekanan serta distribusi air ke pelanggan.

“Alhamdulillah, setelah mulai dipasangi bronjong yang rencananya sebanyak 15 kotak di intake 1 dan 2, tekanan air sudah kembali kuat karena debit air meningkat. Kondisi ini sangat membantu dalam kelancaran distribusi air bersih ke masyarakat,” ujar Tasrim, kepada TrenNews.id, Kamis (27/11/2025).

Ia menambahkan, pemasangan bronjong tidak hanya berfungsi sebagai penahan arus, tetapi juga memperlancar aliran air agar dapat masuk secara maksimal ke sistem intake. Dengan meningkatnya debit air, proses pengolahan dan distribusi ke pelanggan kembali berjalan optimal.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara melalui BPBD Kabupaten Kolaka Utara atas bantuan ini. Pemasangan bronjong sangat penting sebagai langkah pemulihan pascabencana sekaligus penguatan infrastruktur air baku,” katanya.

Tasrim menegaskan komitmen Perumda Air Minum Trita Tanpanama untuk terus meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat. Ia berharap dukungan dari berbagai pihak tetap terjalin, terutama dalam hal mitigasi dan kesiapsiagaan infrastruktur air terhadap potensi bencana.

“Kami akan terus memperhatikan keberlanjutan sistem ini, termasuk pemeliharaan rutin dan pengamanan terhadap risiko banjir agar pelayanan tetap stabil,” pungkasnya.

Dengan pemasangan bronjong ini, Perumda berharap distribusi air ke pelanggan di wilayah pelayanan dapat kembali normal dan lebih stabil, terutama menjelang musim penghujan.

Pewarta: Asse

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini