Senin, 22 Juli 2024

Dinkes Bulungan Gelar Orientasi ILP Demi Terwujudnya Transformasi Layanan Kesehatan Berkualitas

Kegiatan orientasi Integrasi Layanan Primer Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara

TANJUNG SELOR, TRENNEWS.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan menggelar orientasi Integrasi Layanan Primer (ILP) bagi Petugas Puskesmas yang dilaksanakan di gedung pertemuan Bhakti Husada Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan. Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari ini, dimulai hari Selasa, 9 Juli 2024 hingga Jumat, 12 Juli 2024 dan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan, drg. H. Imam Sujono, M.AP.

Kabid Kesehatan Masyarakat, Mauludin, S.Gz dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan orientasi ILP ini merupakan bagian dari transformasi layanan primer yang ingin kita laksanakan dan nyatakan di Puskesmas, Pustu dan Posyandu yang ada di Kabupaten Bulungan.

“Integrasi layanan primer ini berfokus pada tiga hal yakni layanan siklus hidup dengan menitikberatkan pada upaya promotif dan preventif tanpa mengabaikan upaya kuratif, mendekatkan layanan kesehatan melalui jejaring hingga ke tingkat desa atau kelurahan dan memperkuat pemantauan wilayah setempat atau PWS serta kunjungan rumah,” kata Mauludin.

Lanjut Mauludin, orientasi ILP diatur ini berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.01.07/MENKES/2015/2023 tentang Petunjuk Teknis Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer.

“Orientasi ILP ini diikuti oleh peserta dari 12 puskesmas di Kabupaten Bulungan, yang terdiri dari Kepala Puskesmas, Penanggung jawab Promosi Kesehatan, Penanggung KIA/Gizi dan Penanggung jawab P2PTM,” sambungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini