Jumat, 28 November 2025

Diskominfo Kolaka Utara Gelar Sosialisasi SP4N LAPOR untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Kabid IKP dan Kehumasan, Syahlan Launu membuka Sosialisasi SP4N LAPOR di In's Hotel Lasusua

Lasusua, TrenNews.id — Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Kolaka Utara menggelar Sosialisasi Admin Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) LAPOR, Kamis (27/11/2025), di In’s Hotel Lasusua. Kegiatan ini diikuti oleh para admin dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai upaya memperkuat kapasitas dalam mengelola pengaduan masyarakat secara profesional, efektif, dan akuntabel.

Dengan mengusung tema “Penguatan Peran Admin SP4N LAPOR sebagai Penggerak Pelayanan Publik dalam Mewujudkan Kolaka Utara Madani, Maju, Berdaya Saing dan Berkelanjutan”, sosialisasi ini menjadi momentum penting dalam meningkatkan kualitas layanan publik berbasis partisipasi dan transparansi.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Diskominfo Kolaka Utara yang diwakili Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Syahlan Launu, S.H. Dalam sambutannya, ia menekankan peran strategis admin SP4N LAPOR dalam memastikan setiap laporan masyarakat ditangani tepat waktu dan sesuai standar pelayanan.

“Admin SP4N LAPOR memiliki peran strategis dalam menjaga kualitas pelayanan publik. Dengan pemahaman yang baik, kita dapat memberikan respon cepat dan tepat, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat,” ujarnya.

Syahlan juga menambahkan bahwa SP4N LAPOR bukan hanya platform pengaduan, tetapi sekaligus sarana untuk memperkuat keterbukaan informasi dan akuntabilitas pemerintah daerah.

Melalui kegiatan ini, Diskominfo Kolaka Utara berharap seluruh admin OPD lebih siap dan terampil dalam mengelola pengaduan masyarakat, sekaligus mampu menjadikan SP4N LAPOR sebagai instrumen pendukung terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Sosialisasi ini juga menghadirkan materi praktik pemanfaatan platform SP4N LAPOR, alur tindak lanjut laporan, serta mekanisme respons cepat terhadap keluhan masyarakat. Dengan peningkatan kapasitas admin, pengelolaan pengaduan di Kolaka Utara diharapkan menjadi lebih responsif, transparan, dan tepat sasaran.

Pewarta: Asse

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini