Minggu, 8 September 2024

Jelang PIN Polio, Pemkab Buton Gelar Rakor

Jelang PIN Polio, Pemkab Buton Gelar Rakor

PASARWAJO,TRENNEWS.ID -Pemkab Buton melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Buton dan melibatkan Intansi teknis lainnya serta TP PKK dan Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Buton bakal menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di seluruh wilayah Kabupaten Buton Staf Ahli.

Staf Ahli Bupati Buton Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Haji Abdul Rais, S.E memimpin langsung Rakor tersebut di Aula Kantor Bupati Buton, Kamis 18 Juli 2024.

“Kemendagri mengeluarkan surat edaran untuk melaksanakan tugas PIN di seluruh Indonesi sehingga kita harus melakukan pekan imunisasi nasional polio kepada anak-anak mulai 0-7 tahun,” katanya.

Plt Kadis Perhubungan Kabupaten Buton ini juga menyampaikan PIN tahap pertama telah dilaksanakan sejak tanggal 27 Mei di 6 Provinsi di Indonesia dan Kabupaten Buton masuk tahap kedua dalam melaksanakan PIN Polio pada tanggal 23 Juli mendatang.

Pada kesempatan ini pula Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Syafaruddin, SKM, M.Si dalam paparannya menjelaskan bahwa Polio adalah penyakit yang disebabkan virus yang menyerang susunan saraf manusia yang dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen dan bahkan kematian.

“Hingga saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit polio. Namun, tersedia vaksin yang aman dan efektif untuk mencegah penyakit ini. Polio dapat menyerang siapa saja dan tanpa mengenal batas usia dan penyakit ini terutama menyerang anak di bawah lima tahun,” katanya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini