Minggu, 8 September 2024

Komitmen Menuju Eliminasi TB tahun 2028, Dinkes Deliserdang Gelar ACF Tahap I

Kepala dinas kesehatan Deliserdang dan peserta kegiatan

DELISERDANG, TRENNEWS.ID -Kepala Dinas Kesehatan Deliserdang, dr. Asri Ludin Tambunan mengajak semua pihak untuk ikut menggalakkan pencegahan dan awas terhadap penyakit Tuberkulosis (TB) yang penyebarannya masih tinggi.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri kegiatan Active Case Finding (ACF) Tahap I menuju eliminasi dan bebas TB 2028, di Puskesmas Tanjung Morawa, Deliserdang, Kamis (26/7/2024).

“Kegiatan hari ini melakukan screening aktif TB atau yang diduga TB. Jadi, gerakan inilah yang nantinya menemukan cikal bakal TB berikutnya, dan pada akhirnya akan mendukung eliminisai TB Indonesia tahun 2028,” kata dr. Asriluddin Tambunan.

Ia mengatakan, pada kegiatan kali ini pihaknya melakukan screening kepada 200 an masyarakat sebagai langkah awal. Meski begitu, pria yang karib disapa Dokter Aci itu berharap agenda ini menjadi pelecut pengentasan TB.

Kadis Kesehatan Deliserdang itu mengakui jika penanganan kasus TB di wilayahnya masih belum maksimal. Setidaknya ada pelonjakan kasus tiap tahunnya. Tercatat sudah ada 2000 kasus.

Ia menambahkan, penanganan kasus TB di Deliserdang tidak bisa ditekan hanya lewat tenaga dan fasilitas kesehatan saja. Namun, mesti melibatkan semua pihak termasuk menjalankan program pencegahan.

“Ini langkah awal kita dengan harapan bersifat seperti bola salju, akan semakin besar dan direspon masyarakat. Harapan kita bisa tercapai eliminasi TB sebelum 2028,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini