Jumat, 18 Oktober 2024

Pemkot Baubau Akui Lembaga Adat Islah dan Bersatu

Pemkot Baubau Akui Lembaga Adat Islah dan Bersatu

BAUBAU,TRENNEWS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau mengakui lembaga adat islah dan bersatu dengan sekretariat sementara di Kantor Wali Kota Baubau Palagimata. Kemudian, akan menfasilitasi seluruh proses mulai dari proses penelusuran calon Sultan sampai pada tahap Sokaiayana Pau (Pengumuman Sultan Buton) dan Bulilingiana Pau (Pelantikan Sultan Buton).

Hal ini diungkapkan Pj Wali Kota Baubau Dr H Muh Rasman Manafi, SP, M.Si saat memberikan sambutan pada acara Sokaiayana Pau Lembaga Adat dan Budaya Kesultanan Buton (LABKB) di Baruga Keraton Buton Selasa (15/10/2024).

Menurut Dr H Muh Rasman Manafi, sebagai daerah eks Kerajaan dan Kesultanan Buton di Kota Baubau sarat dengan budaya dan adat istiadat. Keberadaan lembaga adat sebagai mitra pemerintah dalam melestarikan, membina dan mengembangkan kebudayaan di Kota Baubau serta dalam wilayah Kesultanan Buton sangat diharapkan. Oleh karena itu, Pemkot telah berinisiatif untuk menyamakan persepsi dari 2 (dua) lembaga adat yang ada di Kota baubau beberapa waktu lalu.

”Alhamdulilah setelah melewati beberapa kali pertemuan pada tanggal 3 agustus 2024 antara 2 (dua) lembaga adat akhirnya islah dan bersatu dengan sekretariat sementara di kantor Wali Kota Baubau,”ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini