Minggu, 8 September 2024

Pemkot Baubau Persiapkan SDM Bersertifikat Kompetensi 

Pj Wali Kota Baubau Dr H Muh Rasman Manafi, SP, M.Si saat penutupan akbar pelatihan dan penyerahan bantuan sarana usaha bagi peserta pelatihan Dinas Tenaga Kerja T.A. 2024 di aula kantor Wali Kota Baubau Palagimata Senin (22/7/2024)

BAUBAU,TRENNEWS.ID—Pj Wali Kota Baubau Dr H Muh Rasman Manafi, SP, M.Si saat penutupan akbar pelatihan dan penyerahan bantuan sarana usaha bagi peserta pelatihan Dinas Tenaga Kerja T.A. 2024 di aula kantor Wali Kota Baubau Palagimata Senin (22/7/2024) mengungkapkan beberapa hal yang strategis dimana persaingan kedepan dalam menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk bisa bekerja bukan lagi karena memiliki ijazah format, sudah di hadapkan pada persaingan kemampuan untuk mempertaruhkan orang-orang yang memiliki skill/kompetensi/keterampilan. Bahkan, pada tahun 2030 persaigan bukan lagi soal keterampilan tapi kemampuan keterampilan yang telah tersertifikasi.

 

Dikatakan, untuk Kota Baubau dengan kondisi seperti saat ini memang sudah harus merubah perencanaan pengembangan SDM dengan mempersiapkan orang-orang bukan hanya yang memiliki ijazah/sarjana/tamat sekolah tetapi dia harus memiliki keterampilan dan 5 tahun kedepan mereka sudah memiliki sertfikat kompetensi/sertifikat keahliannya. ”Siapa yang telah kita latih hari ini bahkan sebelum itu di tahun 2027 atau di 2028 mereka sudah memiliki sertifikat kompetensi nah itu yang saya maksud nilai strategisnya bagi pemda itu sudah di rencanakan oleh pejabat selanjutnya,”ujarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini