Minggu, 8 September 2024

BNNK Bontang Paparkan Paparkan Program IBM, Eko Satria: Hanya Menangani Resiko Penyalahgunaan Narkoba Tingkat Ringan

Staf Ahli BNNK Bontang, Eko Satria

Selanjutnya kata dia, agen pemulihan melakukan pemetaan untuk memperoleh informasi mengenai situasi dan kondisi permasalahan narkoba serta lingkungan sekitar dengan cara melibatkan anggota masyarakat dan penyalahguna Narkoba sehingga dapat memperoleh informasi yang akurat.

Setelah itu, agen pemulihan melakukan penjangkauan dengan cara terjun langsung ke lokasi yang banyak didatangi masyarakat khususnya penyalahguna Narkoba untuk membuat kontak dan membangun hubungan.

“Dengan demikian agen pemulihan dapat mengetahui apakah dalam mengakses layanan IBM, penyalahguna Narkoba melakukannya secara sukarela, berdasarkan rujukan, atau hasil penjangkauan,” jelasnya.

Kemudian, langkah selanjutnya agen pemulihan dapat mengidentifikasi derajat penggunaan obat-obatan dengan instrumen DAST 10 ; level tidak ada masalah, ringan, sedang, berat, atau parah.

“Sebagai langkah awal upaya pemulihan penyalahguna Narkoba, layanan rehabilitasi melalui IBM dapat berjalan efektif dan efisien ketika agen pemulihan yang berasal dari masyarakat itu sendiri mengenal dengan baik lingkungannya sehingga dapat memberikan penanganan yang tepat dan akurat,” pungkasnya.

 

(Arman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini