Jumat, 18 Oktober 2024

Pemda Konawe Selatan Canangkan Pekan Imunisasi Nasional, Target 48.473 Anak

Bupati Konsel Surunuddin

ANDOLO,TRENNEWS.ID – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) secara resmi mencanangkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di Pelataran Puskesmas Punggaluku pada Selasa, 23 Juli 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Konsel Surunuddin Dangga bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel St. Chadidjah.

Turut hadir dalam peluncuran tersebut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konsel dr. Boni Lambang Pramana, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Konsel Nisbahnurrahim, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel Ambolaa, Kepala Dinas Sosial Konsel Nurlita Jaya, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Konsel, Agustiana Melamba.

Dalam sambutannya, Bupati Surunuddin menyampaikan bahwa Indonesia telah menerima sertifikat bebas polio bersama negara anggota WHO lainnya di Regional South East Asia Region (SEARO) pada Maret 2014. Namun, tantangan masih ada, terutama dengan adanya penurunan cakupan imunisasi rutin selama pandemi COVID-19.

“Pentingnya pencegahan polio melalui pemberian imunisasi yang lebih hemat biaya dibandingkan upaya pengobatan. Pelaksanaan Sub PIN Polio Tahap II menandai komitmen Pemda Konsel untuk menanggulangi kejadian luar biasa polio,” ujar Surunuddin.

Ia meminta Dinas Kesehatan dan seluruh stakeholder terkait, serta dukungan orang tua, untuk berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Sub PIN Polio ini.

“Pastikan setiap sasaran mendapatkan imunisasi lengkap sesuai ketentuan dengan pelayanan yang baik,” jelasnya.

Pencanangan Sub PIN Polio Tahap II ini dilakukan serentak di 27 provinsi, setelah tahap I dilaksanakan di 6 provinsi di Papua.

“Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan siap melaksanakan dan menyukseskan Sub PIN Polio Tahap II sebagai bagian dari upaya penanggulangan KLB polio VDPV2 di wilayahnya,” tegas Bupati Konsel dua periode itu.

Dasar pelaksanaan Sub PIN Polio ini adalah Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1031/2024 tentang pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional dalam rangka penanggulangan kejadian luar biasa polio. Surat Edaran Bupati Konawe Selatan juga mendukung pelaksanaan ini dengan Nomor 400.77/3332 Tahun. (NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini