Minggu, 22 September 2024

Edi-Weng Berhasil Turunkan Tingkat Pengangguran Di Manggarai Barat

Edistasius Endi Dan Yulianus Weng Calon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada 2024 Manggarai Barat

LABUAN BAJO, TRENNEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat terus berkomitmen mengentaskan angka pengangguran di ujung barat pulau Flores itu.

Tidak tangung-tanggung, Pemda Mabar berhasil menurunkan angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari tahun ke tahun secara konsisten. Padahal, angkanya sempat tinggi usai dihantam pandemi Covid-19.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Manggarai Barat menunjukkan, dalam tiga tahun terakhir Pemkab Mabar berhasil menurunkan angka pengangguran dari 4,92% tahun 2022, turun menjadi 4,42% di tahun 2023 atau 7.770 turun menjadi 5,786.

Angka pengangguran di atas juga menunjukkan bahwa Manggarai Barat di bawa kepemimpinan Edistasius Endi dan wakilnya Yulianus Weng berhasil menjadi kabupaten/kota dengan angka pengangguran yang menurun selama 3 tahun berturut turut.

Turunnya angka pengangguran di kabupaten Manggarai Barat karena adanya upaya dari Pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja dan stakeholder untuk melakukan pengurangan atau penurunan.

Diantaranya dengan membuka Balai Latihan Kerja (BLK) sesuai kebutuhan industri /pasar kerja yakni Hotel atau industri sehingga jaminan lulusan BLK terserap langsung di industri.

Terbukti, pada tahun 2022 meningkat sebesar 248 pencari kerja muda terjaring dan memilih jurusan sesuai kebutuhan pasar kerja. Data ini menunjukkan peminat pelatihan BLK paling tinggi dari lulusan sarjana/S1 sebanyak 52,7% diikuti oleh SMK/SMA. Kesadaran dan keyakinan para pencari kerja, melalui BLK pasti mendapatkan kompetensi.

BPS juga menyebutkan, pelatihan kompetensi yang sudah dilaksanakan tahun 2022-2024 yakni pelatihan service sepeda motor injeksi, pelatihan tour guide, pelatihan perbaikan AC untuk rumah tangga, pelatihan pengolahan kopi, pelatihan baverage service, pelatihan barista, pelatihan tata boga, pelatihan tata rias, pelatihan prosesing kopi dan pelatihan menjahit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini