Minggu, 8 September 2024

Selamat Memperingati HUT Kolaka Utara Yang ke 20 Tahun “Pemberdayaan Pemuda”

Abdul Malik, Sekretaris Umum Ruang Pemuda Nusantara (RPN) Kolaka Utara

Jika kita melihat dari segi peran dan fungsi pemuda, maka sangat jelas bahwa Pemuda berada pada posisi yang strategis sehingga potensi-potensi ini perlu dikembangkan melalui ruang-ruang yang kemudian disiapkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara.
Untuk itu pemuda harus berani meminta keterangan Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara secara terbuka terkait potensi-potensi pemuda yang telah diberdayakan dan juga meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) terkait ruang yang telah Pemerintah Daerah (Pemda) siapkan untuk menggarap potensi-potensi pemuda yang ada, lalu apakah pemuda yang di berdayakan juga telah signifikan dengan jumlah pemuda yang ada pada daerah ini ataukah sebaliknya.

Pada momen Peringatan Hut Kolaka Utara yang ke 20 tahun, bukan hanya menjadi kegiatan peringatan tahunan yang menghadirkan acara-acara seremoni belaka yang tanpa bisa di full up dan ditindak lanjuti secara berkelanjutan. Tetapi kita berharap di momen kegiatan peringatan Hut ini menjadi sebuah refleksi kolektif antara Pemerintah daerah (Pemda) Kolaka Utara dan generasi muda tentang pentingnya mengingat peristiwa-peristiwa perjuangan pemekaran di masa lampau serta menjaga hal-hal yang telah di perjuangkan oleh tokoh-tokoh pemekaran Kolaka Utara.

Pemerintah Daerah (Pemda) juga harus berpikir tentang bagaimana pemberdayaan pemuda lebih di tingkatkan, pemuda harus diberi ruang untuk bisa maenjadi bagian penting dalam proses perkembangan dan majunya Kolaka Utara. Pemerintah Daerah (Pemda) tidak boleh ragu dengan prinsip dan mental tangguh yang pemuda miliki, dalam Al-Qur’an telah disebutkan “Kami menceritakan kepadamu (Nabi Muhammad) kisah mereka dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan kami menambahkan petunjuk kepada mereka” (Qs. Al-Kahfi : 13). Berdasar pada ayat ini, Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya menegaskan bahwa pemuda selalu menjadi garda terdepan dalam memperjuangkan kebenaran dan melawan kebatilan. Kita bisa mengambil hikmah bahwa pemuda adalah mereka yang memiliki semangat tinggi dalam hal kebaikan dan tidak mudah menyerah dalam mengarungi masa depan sebelum keinginan tercapai.

Pemuda Berdaya, Kolaka Utara Madani

 

Penulis: Abdul Malik 

Sekretaris Umum Ruang Pemuda Nusantara (RPN) Kolaka Utara 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini