Minggu, 8 September 2024

Spirit Merah Putih, dari Bontang untuk Indonesia

AKBP Alex FL Tobing, S.IK, Kapolres Bontang

Falsafah atau ideologi selalu menjadi unsur vital dalam perancangan logo, termasuk bendera. Ideologi dalam logo dicitrakan secara simbolik melalui warna dan desain citra. Dalam banyak kasus logo berbicara juga tentang aspek historis. Termasuk bendera Sang Dwi Warna kita misalnya. Warna secara historis yaitu merah secara simbolik menggambarkan keberanian, dan putih kesucian/kesakralan cita-cita.

Semangat nasionalisme yang harus terus tumbuh adalah pengikat dan penguat sebagai bangsa Indonesia. Menilik kata “Nasionalisme”, berasal dari kata nation (B. Inggris) yang berarti bangsa. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata bangsa memiliki beberapa arti: (1) kesatuan orang yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya serta berpemerintahan sendiri; (2) golongan manusia, binatang atau tumbuh-tumbuhan yang mempunyai asal usul yang sama dan sifat khas yang sama atau bersamaan, dan (3) kumpulan manusia yang biasanya terikat karena kesatuan bahasa dan kebudayaan dalam arti umum, dan biasanya menempati wilayah tertentu di muka bumi (Lukman Ali. Dkk., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1994, hal. 98).

Istilah nasionalisme yang telah diserap ke dalam bahasa Indonesia memiliki dua pengertian: paham (ajaran) untuk mencintai bangsa dan negara sendiri dan kesadaran keanggotaan dalam suatu bangsa yang secara potensial atau aktual bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengabdikan identitas, integritas, kemakmuran dan kekuatan bangsa. Nasionalisme dalam arti sempit dapat diartikan sebagai cinta tanah air.

Seperti orang bijak berkata ;
“Apa arti ijazah yang bertumpuk, jika kepedulian dan kepekaan
tidak ikut dipupuk?” – Najwa Shihab

Bontang Kota Merah Putih merupakan spirit atau semangat kebersamaan untuk bertumbuh, bergerak dan bermasyarakat yang memiliki kepedulian dan kepekaan atas nilai-nilai nasionalisme menuju Indonesia Emas 2045.

Polres Bontang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mari bersama menularkan semangat nasionalisme dengan mengabdikan diri dan menjadi bagian dalam ruang maupun peran yang berdedikasi demi mewujudkan ibu pertiwi yang berdikari!!!
Sampai jumpa di ruang aksi dan peran aktualisasi!

Setia
Berani
Ikhlas
Bontang Presisi
Bontang untuk Indonesia

 

Penulis: AKBP Alex FL Tobing, S.IK
Kapolres Bontang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini