Bimbingan Teknis Admin SP4N-LAPOR Kabupaten Kolaka Utara Sukses Digelar
LASUSUA, TRENNEWS.ID – Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), sukses menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Admin Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR), pada Kamis (19/12/2024).
Acara ini dibuka secara resmi oleh Pejabat (Pj.) Bupati Kolaka Utara, Yusmin, S.Pd., MH, yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Sekretariat Daerah Kolaka Utara, Nurjaya, SE., MM.
Dalam sambutannya, Nurjaya menyampaikan harapan besar terhadap implementasi SP4N-LAPOR dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kolaka Utara.
“Dengan adanya SP4N-LAPOR ini, Pemerintah Daerah meyakini tugas-tugas Diskominfo dalam mendukung infrastruktur informasi, pengelolaan aduan, layanan komunikasi, serta transparansi di Kabupaten Kolaka Utara akan berjalan lebih baik. Insya Allah, Pemerintah Daerah memberikan dukungan penuh terhadap program ini,” ujar Nurjaya.
Ia juga menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kepada masyarakat.
“Kami berharap Bimtek ini dapat berlangsung sukses dan menjadi sinyal positif bagi kemajuan Kolaka Utara dalam memanfaatkan teknologi informasi,” tambahnya.
Acara ini dihadiri oleh admin SP4N-LAPOR dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan admin 15 Kecamatan di Kabupaten Kolaka Utara. Selama pelatihan, para peserta dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola pengaduan masyarakat secara lebih profesional, efektif, dan responsif. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mewujudkan pelayanan publik yang transparan, akuntabel, dan berkualitas.
Dengan keberhasilan penyelenggaraan kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara optimis dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan publik sekaligus mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan daerah.
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) serta Kehumasan Diskominfo Kolaka Utara, Syahlan Launu, SH, selaku pelaksana kegiatan, menyatakan bahwa SP4N-LAPOR merupakan aplikasi yang dirancang untuk mendukung keterbukaan informasi publik oleh pemerintah.
“SP4N-LAPOR menjadi sebuah wahana dalam memberikan informasi yang relevan melalui pendekatan digitalisasi. Ini adalah momentum penting untuk menjalin komunikasi yang lebih erat dengan masyarakat, khususnya dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik,” ujar Syahlan.
Menurutnya, keberadaan aplikasi ini tidak hanya sebagai alat untuk pengelolaan pengaduan, tetapi juga sebagai sarana membangun kepercayaan publik terhadap pemerintah melalui layanan yang transparan, mudah diakses, dan responsif. Hal ini menjadi bagian dari upaya pemerintah daerah dalam menghadapi era digitalisasi, di mana teknologi memegang peran vital dalam pelayanan kepada masyarakat.
Diskominfo Kolaka Utara berharap SP4N-LAPOR dapat dimanfaatkan secara optimal oleh semua pihak, baik oleh perangkat daerah maupun masyarakat, untuk mendorong Kolaka Utara menjadi lebih inovatif dan partisipatif dalam pembangunan daerah. (As)
Tinggalkan Balasan