Senin, 17 Juni 2024

Dinas Perumahan Bombana Berperan Aktif dalam Penanganan Stunting

Rapat penanganan stunting tingkat Kabupaten Bombana

TRENNEWS.ID, BOMBANA – Dinas Perumahan Kabupaten Bombana, di bawah kepemimpinan Rusdiamin, menunjukkan komitmen kuat dalam penanganan stunting yang masih menjadi masalah serius di wilayah tersebut. Dalam upaya mencapai target prevalensi stunting 2024, Dinas Perumahan tidak hanya fokus pada penyediaan rumah layak huni tetapi juga memastikan lingkungan yang mendukung pertumbuhan anak yang sehat.

Dinas Perumahan telah aktif menyediakan sarana penunjang di lokus stunting dengan membangun dan merenovasi rumah-rumah agar memenuhi standar kesehatan dan kebersihan. Rusdiamin, Kepala Dinas Perumahan Bombana, menegaskan bahwa penyediaan lingkungan yang sehat adalah kunci dalam pencegahan stunting.

“Kami tidak hanya membangun rumah, tetapi juga memastikan bahwa rumah-rumah tersebut layak huni dan mendukung kesehatan anak-anak. Ini termasuk akses air bersih, sanitasi yang baik, dan lingkungan yang aman dan sehat,” kata Rusdiamin.

Keseriusan Dinas Perumahan dalam menangani stunting juga terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam berbagai forum dan pertemuan yang membahas strategi penanganan stunting. Salah satu contohnya adalah kehadiran Rusdiamin dalam pertemuan aksi kedua yang diselenggarakan oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting Sekretariat TPPS di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Bombana pada Jumat (03/5/2024) lalu.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk merumuskan rencana kegiatan terintegrasi guna mempercepat penurunan angka stunting di Bombana. Dalam pertemuan tersebut, Rusdiamin juga menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam upaya pencegahan stunting.

“Pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam upaya pencegahan stunting juga harus digarisbawahi. Masyarakat perlu dilibatkan dalam program-program pencegahan stunting yang dilaksanakan di daerah mereka,” ujarnya.

Rencana kegiatan yang disusun dalam pertemuan tersebut diharapkan dapat memberikan langkah konkret dan terukur dalam menangani permasalahan stunting di Kabupaten Bombana. Rusdiamin juga menambahkan, “Kita berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama melalui peningkatan kualitas gizi dan kesehatan anak-anak di daerah kita.”

Dengan langkah-langkah yang telah diambil, Dinas Perumahan Kabupaten Bombana berharap dapat berkontribusi signifikan dalam mengurangi angka stunting di wilayahnya, melalui penyediaan fasilitas yang mendukung kesehatan dan pertumbuhan anak-anak.

(San)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini