Kamis, 19 September 2024

UINSU Kampus IV Tuntungan Destinasi Pendidikan di Sumatera Utara dan Berkah Bagi Warga

UIN kampus IV tuntungan

Universitas Islam Sumatera Utara (UIN SU) membuka Kampus IV di Kampung Tengah, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang. Hadirnya kampus tersebut di sana menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar, Warga mulai membuka beragam usaha kecil dan menengah (UKM) di sekitar kawasan kampus.

Salah satunya, pemilik usaha jajanan, Syahrul.Ia berjualan batagor, siomay dan molen setelah mendapat kabar bahwa akan dibuka kampus di lokasi tersebut.

“Dulu saya seorang karyawan, tapi setelah mendengar kabar akan dibuka kampus di Tuntungan ini, saya beralih berjualan,” jelasnya saat di wawancarai 16/9/2024.

Syahrul amengatakan kondisi ekonominya membaik setelah berjualan. Sehari dia bisa mendapatkan Rp200.000 dari keuntungan bersih. Dia menjualkan jajanan dari pukul 09:00-18:00 WIB.

Hal serupa juga disampaikan oleh Edi (53), pemilik usaha fotocopy yang mengaku omsetnya naik ketika UIN kampus IV sudah mulai beroprasi.“Sebelum ada kampus, kami sudah membuka usaha fotokopi dan dulu kebanyakan anak sekolah. Tapi setelah dibukanya kampus yang datang mahasiswa semua. Mungkin karena dilihat ramai mahasiswa, anak sekolah pun tidak pernah datang lagi,” Jelasnya.

“Ya, alhamdulillah, untuk penghasilan sehari bisa mencapai 3 juta rupiah dari pendapatan kotor,” tambahnya. Bahkan saat ini, Edi menjadi pemasok kertas untuk fotocopy lainnya yang berada di sekitaran kampus.

Dari pantauan pewarta  kawasan itu juga kini banyak rumah kos-kosan yang dibangun. Harganya bervariasi, serta fasilitas yang di tawarkan bermacam-macam demi menarik minat mahasiswa untuk menyewanya seperti adalanya tempat tidur, ac, kamar mandi di dalam, dan lainnya Meski begitu, masih ada kos-kosan tersebut sampai saat ini belum ditempati.

Seperti yang disampaikan Faisal, salah seorang mahasiswa fakultas ILKOM UINSU.

“Terlalu banyak kos-kosan, sampai-sampai bingung pilih yang mana.” ucapnya.

Hal sedana di sampaikan riki mahasiswa semester I ILKOM UINSU ini mengaku senang karna fasilitas tempat tinggal dan transportasi banyak di sekitaran kampus ini

“UIN Tuntungan ini sebenarnya mudah di jangkau dan mudah tinggal di sini karena transportasi dekat seperti ada angkot 110 menuju lauchi kita bisa naik trans metro deli untuk medan kota, dan kost-kost atau rumah sewa banyak disini tinggal kita atur buget saja dalam hal tinggal” tutupnya.(ghefira)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini