Rabu, 5 Februari 2025

Kolaka Utara Gelar Bimbingan Teknis Penyusunan Peta Proses Bisnis, Berikut Penjelasan Kabag Ortala Setda Kolut

Pembukaan Bimtek Penyusunan Peta Proses Bisnis Pemda Kolaka Utara

LASUSUA, TRENNEWS.ID – Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara yang diwakili oleh Asisten III Sekretariat Daerah (Setda), Samsuddin, S.Pd., M.Pd., secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Peta Proses Bisnis di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara tahun 2024, pada Jum’at (13/12/2024)

Dalam sambutannya, Samsuddin menyampaikan bahwa peta proses bisnis merupakan aset penting bagi organisasi. “Peta ini berfungsi sebagai dokumen atau database yang mengintegrasikan seluruh informasi organisasi, sehingga menjadi panduan strategis dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan,” ujarnya.

Kegiatan Bimtek ini diharapkan memberikan manfaat bagi para perencana dan administrator di lingkup pemerintahan Kabupaten Kolaka Utara. “Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dalam memetakan proses bisnis, sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja di instansi masing-masing,” tambah Samsuddin.

Bimtek tersebut menjadi langkah strategis bagi Pemkab Kolaka Utara dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan mendukung pelaksanaan program-program prioritas di tahun mendatang.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Setda kabupaten Kolaka Utara, Rony Bambang,SP,.M.Si kepada TrenNews.id menjelaskan, tugas bagian organisasi dalam penyusunan peta proses bisnis instansi pemerintah daerah melibatkan serangkaian kegiatan yang berfokus pada analisis, pemetaan, dan pengelolaan alur proses bisnis untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja organisasi.

Peserta Bimtek Penyusunan Peta Proses Bisnis

 

Berikut ia sampaikan uraian tugas utama bagian organisasi dalam hal ini:

1. Melakukan Analisis Proses Bisnis yang Ada
Mengidentifikasi dan mendokumentasikan proses bisnis yang berjalan di setiap unit kerja dalam instansi pemerintah daerah.

Menyusun daftar semua aktivitas yang dilakukan dalam setiap proses, serta siapa yang bertanggung jawab.
Mengumpulkan informasi terkait kendala dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan proses bisnis.

2. Mengembangkan Peta Proses Bisnis
Membuat representasi visual (peta) dari alur proses bisnis yang ada di instansi pemerintah daerah, mencakup setiap tahapan, alur, serta hubungan antar unit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini