Minggu, 8 September 2024

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kolut Raih Sertifikat Penghargaan Kinerja Keuangan Terbaik dari Kementerian Pertanian RI

Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Kolaka Utara, Nusbah Nuhung menerima Sertifikat Penghargaan Kinerja Keuangan Terbaik dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia di Hotel Dalton Makassar

“Program ini berjalan sejak tahun 2019 dan ini kita sudah masuk di tahun ke 5. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga tani miskin melalui pemberdayaan rumah tangga di pedesaan termasuk pemanfaatan sumber daya. Demi meningkatkan pendapatan disektor pertanian,” ujar Nusbah.

Nisbah Nuhung menjelaskan, program Readsi itu banyak yang pada muaranya meningkatkan kesejahteraan keluarga tani miskin. Sedangkan untuk tahun 2023 lalu kata dia, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Kolaka Utara memiliki program SL (Sekolah Lapang) bagi petani atau kelompok tani yang ada di Kabupaten Kolaka Utara yang jumlahnya ada 124 kelompok tani yang menyebar di 18 desa kemudian petaninya ada sekitar 2976 orang.

“Ada namanya sering pengadaan alsintan, sering alsintan ini, petani menyiapkan 30 persen anggarannya dan pemda menyiapkan 70 persen. Dan itu sudah dilaksanakan di 2023. Kemudian ada juga Sekolah Bisnis Petani, juga sudah dilaksanakan di 2023 yang tujuannya adalah untuk menggiring atau merubah pola pikir petani kita yang tadinya mereka tidak tau berbisnis kemudian diajari mereka berbisnis dalam arti kata petani cabe misalkan diajari bagaimana cabe tersebut ada turunnya. Tidak hanya menjual cabe tapi memproduksi sambel cabe,” pungkasnya.

Terakhir ia sampaikan ucapan terima kasih atas dukungan penuh Pj. Bupati Kolaka utara, Sekretaris Daerah, Kepala BKAD, Kepala Bappeda, Tim DPMO, para Penyuluh, Fasilitator Desa dan semua stakeholder sehingga penghargaan Nasional ini dapat diraih Kabupaten Kolaka Utara utara. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini