Minggu, 23 Juni 2024

Festival Budaya Moronene Perdana Digelar di Ibu Kota Bombana

Penampilan tarian tradisional dalam ajang festival Budaya Moronene

BOMBANA, TRENNEWS.ID – Festival Budaya Moronene, yang sebelumnya digelar di Desa Wisata Tangkeno, Pulau Kabaena, kini menggelar edisi perdana di Ibu Kota Bombana tepatnya di Kawasan eks MTQ Kasipute. Pindahnya festival ke ibu kota menghadirkan peluang lebih besar untuk memperluas dampak budaya Moronene secara keseluruhan, sambil mempertahankan akar tradisinya. Selasa, 4 Juni 2024.

Penyelenggaraan acara tahunan ini diberikan tema “festival Budaya Morenene” ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemuda pecinta budaya bersama anggota DPRD Kabupaten Bombana, Herlin, dengan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Menariknya, kegiatan tersebut menampilkan ragam tarian khas tradisional dari berbagai etnis, seperti tarian Suku Moronene, Suku Bugis, Suku Jawa, Suku Bali, Suku Buton dan masih banyak lagi. Setiap sanggar berlomba menunjukkan tarian dan riasan terbaik mereka dalam kompetisi untuk meraih gelar pemenang festival perdana ini.

Festival Budaya ini diresmikan oleh Pejabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto, dan turut dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Bombana Arsyad, Sekda Man Arfa, PJ Ketua Dekranasda Bombana, bersama forum Forkominda serta sejumlah tokoh Pasyarakat, Adat, dan Pemuda.

Dikesempatan yang sama, PJ Bupati Bombana Edy Suharmanto menyampaikan apresiasi dan dukungan pemerintah atas terselenggaranya kegiatan Festival budaya Moronene yang notabenenya baru saja digelar diwilayah ibu Kota Bombana.

“Saya pribadi dan atas nama Pemerintah, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap dinas terkait dapat lebih intens mengadakan kegiatan bertema kebudayaan,” ucapnya dengan penuh semangat.

Edy Suharmanto kembali menekankan pentingnya pelestarian budaya lokal dalam pesan penutupnya, “Sudah seharusnya kita tidak henti-hentinya terus berkarya. Mari bersama-sama melestarikan budaya melalui event-event promosi yang akan membawa Kabupaten Bombana lebih dikenal lagi, baik regional, nasional, maupun internasional.”

Dengan harapan yang besar, Festival Budaya Morenene perdana ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya melestarikan tradisi budaya lokal sebagai simbol kebanggaan dan alat pemersatu bangsa. Kegiatan ini juga diharapkan dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan untuk menjaga warisan budaya bagi generasi mendatang.(Azizah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini