Senin, 28 April 2025

UPT Puskesmas Rawat Inap Parsoburan Kec. Habinsaran Kab. Toba Terapkan Disiplin Pegawai dan Jeput Bola Dalam Pelayanan Kesehatan

Gedung UPT Puskesmas Rawat Inap Parsoburan

Toba, TrenNews.id – UPT Puskesmas Rawat Inap Parsoburan Kec. Habinsaran Kab. Toba Terapkan Disiplin Pegawai dan Jeput Bola Dalam Pelayanan Kesehatan, Secara yuridis pelayanan kesehatan adalah merupakan hak dasar yang wajib di penuhi oleh pemerintah di setiap tingkatan sebagaimana yang telah diatur dalam UUD 1945, Undang-Undang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Pancasila.

Gedung UPT Puskesmas Rawat Inap Parsoburan

Dalam rilis yang diterima kru TrenNews.id, Sabtu (15/03/2025) yang dikirimkan oleh Ka. UPT Puskesmas Rawat Inap Parsoburan Kab. Toba Provinsi Sumatera Utara Ria Agustina Hutabarat, SKM menyampaikan beberapa hal pencapaian kinerja dan program yang telah dilaksanakan.

“Secara efektif saya aktif bertugas mulai tanggal 22 Maret 2024 di Puskesmas Rawat Inap Parsoburan setelah dilantik pada tanggal 19 Maret 2024”, jelasnya.

Adapun cakupan wilayah kerja Puskesmas Rawat Inap Parsoburan meliputi 1 Kelurahan dan 21 Desa dengan Pelayanan Kesehatan 4 Pustu (Puskesmas Pembantu) yaitu Pustu Matio Desa Parsoburan Barat, Pustu Lumban Lintong Desa Lumban Lintong, Pustu Lumban Rau Barat Desa Lumban Rau Barat dan Pustu Tornagodang Desa Tornagodang dengan jumlah keseluruhan pegawai periode Maret 2024 sebanyak 67 Pegawai (39 Staff Puskesmas dan 28 Bidan Desa), ungkap mantan Kepala Puskesmas Rawat Inap Borbor ini.

Lanjutnya, selain itu terdapat 21 Poskesdes yang ada bangunan dan 4 Polindes tidak ada bangunannya serta fasilitas sarana angkutan 2 (dua) unit mobil ambulans yang telah rusak namun atas persetujuan Kadis Kesehatan unit ambulans tersebut telah diperbaiki dan dapat digunakan kembali.

“Puji Tuhan, tahun 2024 pencapaian kinerja atas 12 Indikator SPM mencapai 80% bahkan ada yang 100%, dan ini merupakan peningkatan SPM di Tahun 2024, ujar Ka. UPT.

Selain itu untuk mengoptimalkan pelayanan di Puskesmas, Dokter, perawat dan bidan jadwal kerja dibagi menjadi 4 Sift (Pagi, Sore, Malam dan Libur) serta setiap jam kerja dilaksanakan apel yang diikuti oleh seluruh pegawai yang dinas pagi dan malam, tegasnya.

Lanjutnya, sebagai flashback tahun 2023 terdapat banyak keluhan masyarakat tentang pelayanan kesehatan di Puskesmas, diantaranya Dokter, Perawat dan Bidan dalam pelayanan masuk kerja tidak sesuai SOP kedinasan, sehingga pasien malas berobat ke puskesmas jelasnya.

“Dengan 2 dokter umum dan 1 Dokter Gigi serta dukungan dari seluruh pegawai kami akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada warga masyasakat terlebih lagi dengan telah di optimalkannya pemakaian gedung baru UPT Puskesmas Rawat Inap Parsoburan”, tutup Ria Agustina Hutabarat. SKM. (A. Nst)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini