Senin, 27 Mei 2024

Sepuluh dari 14 Indikator Kinerja Utama Kabupaten Manggarai, Gagal !

Bupati Manggarai Herybertus G.L.Nabit,SE.MA

RUTENG, TRENNEWS.ID – Pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Kabupaten Manggarai tidak berbanding lurus dengan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor 100.2.1.7-6646 tahun 2023.

Bagaimana tidak, Indikator Kinerja Utama (IKU) dengan Kategori “Memuaskan” itu hasil Akumulasi dari 4 indikator saja. .Sementara 10 indikator lainnya sangat jauh di bawah target.

Salah satu masyarakat Kecamatan Langke Rembong selaku mantan Anggota DPRD yang selalu jadi langganan Ketua Tim Perumus LKPJ, Roberth Funay, justru mengkritisi capaian Indikator Kinerja Utama tersebut adalah sebuah pembodohan dan penggiringan opini yang menyesatkan masyarakat Kabupaten Manggarai.

“Saya mencermati narasi dan isi pemberitaan Media terkait Pencapaian dari 14 Variabel Indikator Kinerja Utama tahun 2023 dari Pemda Manggarai adalah hasil akumulasi dari 4 Variabel IKU.Sementara,10 IKU sangat jauh dibawah target,” terang Robert dalam rilis pers yang diterima media, Senin (6/5/2024).

Menurut Robert, ada beberapa point yang perlu dikritisi bersama terkait isi pemberitaan tersebut agar tidak terjadi proses pembodohan dan penggiringan opini yang menyesatkan terhadap masyarakat.

Pertama, dari 14 Variabel Indikator Kinerja Utama yang di nilai, hanya ada 4 IKU saja yang realisasinya sesuai dengan target yang telah ditetapkan yaitu :Indeks Pembangunan Manusia( IPM),Indeks Pemberdayaan Gender( IPG), IPB, dan Opini BPK (WTP).

Kedua, lanjut Robert,terdapat 10 Variabel dari Indikator Kinerja Utama lainnya yang tidak tercapai antara Realisasi dan Target. Realisasinya sangat jauh dibawah Target.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini