Minggu, 23 Juni 2024

Upacara Harlah Pancasila Di Dumai,Ini Pesan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo mempin upacara Harla Pancasila di Riu

RIAU, TRENNEWS — Presiden Jokowi memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila di Lapangan Garuda, Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR), Kota Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

Sejumlah menteri hadir dalam kesempatan tersebut. Termasuk Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattaliti.

Dalam amanat yang disampaikan dalam acara ini, Jokowi menyampaikan jika Indonesia terus konsisten dalam politik bebas aktif mau pun politik internasional. Hal itu ditandai, kata dia, dengan Indonesia berhasil menjadi pemimpin G20 hingga Asean yang berhasil.

Awalnya Jokowi menyampaikan hal yang patut disyukuri perekonomian Indonesia tetap tumbuh meskipun ada berbagai macam krisis.

“Indonesia konsisten dengan politik bebas aktif, memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk kemerdekaan bangsa Palestina dan memperjuangkan perdamaian dunia. Peran Indonesia dalam politik internasional semakin kokoh. Kita telah menjadi pemimpin G20 yang berhasil, telah menjadi Ketua ASEAN yang sukses dan terus berkontribusi pada dunia, termasuk melalui WWF yang baru saja kita selenggarakan,” kata Jokowi.

Ia menyampaikan, keaktifkan dalam dunia internasional tidak menyurutkan dalam perjuangan untuk berdikari dalam bidang ekonomi. Indonesia terus perjuangkan kemandirian ekonomi, termasuk melalui industrialisasi di dalam negeri dan melalui hilirisasi di berbagai sektor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini