Senin, 17 Juni 2024

Hubungan Ibadah dengan Khalifah

Aswan Nasution

Manusia adalah sebagai khalifah di bumi. Manusia sebagai mahkluk terkait dengan Allah dalam bentuk ibadah yang merupakan manifestasi ketakwaannya kepada Allah SWT dilandasi dengan kesadaran dan pemikiran.

Ibadah adalah realisasi dari tujuan diciptakan manusia oleh Allah SWT, Selama manusia hidup di bumi, maka kegiatan serta aktivitas ibadah itu mutlak harus dilaksanakan. Semuanya berorientasi dalam mencari ridha Allah SWT.

Pengertian Ibadah

Ibadah adalah melaksanakan pengabdian diri kepada Allah dengan melaksanakan apa saja yang dapat mendekatkan hati dan jiwa kita kepada Allah, tapi berguna bagi kehidupan.

Dalam Islam ibadah dibagi menjadi dua bagian, yaitu umum dan khusus. Ibadah umum adalah melaksanakan segala perbuatan , tindakan dan prilaku yang diizinkan oleh Allah, namun bermanfaat bagi hidup dan kehidupan sehari-hari, baik individu maupun masyarakat, dan dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Dengan demikian, setiap perbuatan yang diniatkan untuk mencari ridha Allah dapat dikategorikan sebagai ibadah, meski bentuknya dapat bermacam-macam seperti bekerja [apa saja yang halal], mencari ilmu, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini