Minggu, 23 Juni 2024

Kakao Bukan Lagi Primadona Bagi Petani di Kolut, Petani Merica Perlu di Perhatikan

Busman AS, Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum era Rusda Mahmud

LASUSUA TRENNEWS.ID – Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kolaka Utara, Bustam As di era Bupati Rusda Mahmud mengatakan, komiditas tanaman kakao untuk di Kolaka Utara tidak bisa dijadikan primadona lagi bagi petani.

“Produksi kakao saat ini tidak bisa diharapkan, meski harga cukup menjanjikan, ujar Bustam kepada media ini, Jum’at (5/1/2024).

Kata dia, salah satu faktor kegagalan itu disebabkan penyakit BPK (Penggerek Buah Kakao) yang tidak bisa dikendalikan dan hal itu sudah menjadi persoalan kakao di seluruh negara penghasilan kakao.

“Pemda tidak bisa lagi memaksakan petani untuk menanam kakao karena sudah terbukti, sudah 2 bentuk program di Kolaka Utara, pertama dijaman Pak Rusda namanya Gernes tidak berhasil dan kemudian dijaman Pak Nurrahman dengan namanya revitalisasi kakao dengan anggaran puluhan miliar juga tidak berhasil,”beber Busman.

Dia berharap Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dalam hal ini Dinas Perkebunan dan Peternakan berdiskusi dengan petani, tanaman apa yg mereka cocoki di setiap wilayah Kecamatan. Sebab tidak bisa disamakan di setiap wilayah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini