Senin, 17 Juni 2024

Kilas Desa Saludongka Pemenang Lomba Tematik Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara 2022

Potret Pelayanan Masyarakat Desa Saludongka, Kecamatan Pakue Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara

LASUSUA, TRENNEWS. ID – Desa Saludongka, Kecamatan Pakue Utara, Kabupaten Kolaka Utara, berdasarkan keadaan fotografinya merupakan wilayah perkebunan. Sehingga sebagian besar masyarakat yang ada di desa ini berprofesi sebagai petani, atau pekerja kebun.

Sehingga untuk roda perekonomian masyarakat di Desa ini, 65 persen bergantung pada sektor perkebunan, seperti kakao, cengkeh, gula aren dan merica. Selain 4 komoditi ini, tanaman nilam juga menjadi pilihan utama masyarakat di desa ini. Mereka memanfaatkan lahan tidur di wilayah ini untuk budi daya tanamkan nilam.

Diketahui, tanamkan nilam ini tergolong sebagai taman jangka menengah. Sebab, hanya bisa bertahan selama 2 tahun. Setelah itu akan mati. Namun, selama dua tahun tersebut, pembudidaya sudah mampu panen beberapa kali.

Selain bertani, masyarakat disini juga sebagian memiliki usaha rumahan seperti, ternak ayam, perdagangan sembako, barang pecah belah hingga alat alat bangunan. Mengingat Desa Saludongka ini memiliki 1 (satu) pasar musiman, Rabu dan Minggu.

Desa yang berpenduduk kurang lebih 1.600 jiwa ini di tahun 2021 (sumber data idm 2020-2021) ini memiliki luas wilayah 7.779 Ha atau 77,79 km persegi dan berbatasan langsung dengan Desa Bukit Tinggi dan Bukit Baru untuk wilayah utara. Untuk wilayah selatan berbatasan dengan Desa Lengkong Batu, kemudian barat berbatasan Desa Puundoho, dan untuk wilayah timur berbatasan dengan Kabupaten Konawe.

Infografis Ekonomi Masyarakat Desa Saludongka

Desa Saludongka memiliki satu misi, yakni terwujudnya masyarakat Desa Saludongka yang berjamaah, makmur dan di rahmati. Sedangkan untuk misinya sendiri.
1. Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dah transparan
2. Mewujudkan kemakmuran masyarakat desa melalui BUMDes
3. Peningkatan lembaga desa, Karang Taruna, LPM, TP-PKK dan Majelis Taklim
4. Peningkatan sarana dan prasarana kesehatan, pendidikan dan olahraga dan,
5. Mewujudkan kehidupan berbangsa, bernegara dan kerukunan beragama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini