Minggu, 21 Juli 2024

Pemkot Baubau Terus Kembangkan Budidaya Udang Vaname 

Pemkot Baubau Terus Kembangkan Budidaya Udang Vaname 

BAUBAU,TRENNEWS.ID—Pj Sekda Kota Baubau La Ode Fasikin, SP, M.Si saat membuka pelatiihan budidaya udang vaname mewakili Pj Wali Kota Baubau di kantor Dinas Perikanan Selasa (9/7/2024) mengungkapkan, Kota Baubau dengan panjang garis pantai + 70,90 km dan didukung oleh kondisi perairan yang baik, sangat cocok untuk pengembangan budidaya air payau khususnya udang vaname.Saat ini, tidak bisa lagi bertumpu dan mengharapkan pada satu atau dua sektor saja, budidaya udang vaname memiliki prospek yang cerah untuk dikembangkan di Kota Baubau.

 

Hal ini sejalan dengan program Kementerian Kelautan dan Perikanan dimana udang vaname merupakan jenis udang unggulan yang akan dijadikan prioritas dalam mencapai target produksi udang nasional. Terlebih lagi, komoditas ini sangat baik dikembangkan dalam rangka membangkitkan perekonomian dengan nilai ekspor yang cukup tinggi. Sehingga, tak berlebihan, jika udang vaname menjadi pilihan untuk bisa dilibatkan dalam upaya peningkatan ekonomi daerah Baubau.

 

”Dinas Perikanan Kota Baubau, alhamdulilah telah berhasil membangun demplot percontohan udang vaname di balai budidaya perikanan kolagana (BBPIK) yang berlokasi di Kelurahan Palabusa. Dengan keberhasilan kagiatan demplot dan dengan niat yang kuat untuk mengembangkan udang vaname, maka pelatihan ini sangat relevan untuk memberi pemahaman kepada peserta mengenai potensi pengembangan udang vaname di Kota Baubau sekaligus peserta dapat memahami teknik dan cara pembudidayaannya. dengan metode kolam bioflok / terpal yang digunakan maka akan lebih menghemat waktu panen, menghemat pakan, produktifitas lebih tinggi serta lebih mudah dalam kontrol pemeliharaannya,”ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini