Minggu, 25 Februari 2024

Implementasi Program Pemerintah Kota Bontang Mewujudkan Bontang Bersinar Bersih dari Narkoba

Aksi P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika)

BONTANG TRENNEWS.ID I Pemerintah Kota Bontang bersama Badan Narkotika Nasional (BNNK) Kota Bontang menggelar rapat konsolidasi Kebijakan Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN) pada sektor Kelembagaan di Hotel Bintang Sintuk Bontang, pada Kamis (1/2/2024) pagi ini.

Pada pelaksanaan rapat konsolidasi tersebut, diharapkan dapat menyatukan persepsi dan pandangan bersama terkait pelaksanaan kebijakan Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN) pada sektor kelembagaan, melalui berbagai program aksi antara lain :

1. KELURAHAN BERSINAR ;
Dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), saat ini kelurahan menjadi wilayah yang strategis untuk jalur masuk barang terlarang terutama kelurahan yang menjadi sasaran bandar narkoba.

Oleh karena itu kelurahan perlu ambil bagian terlibat secara aktif dengan didukung instansi terkait dan komponen masyarakat. Keterlibatan pemerintah kelurahan dalam memerangi narkoba (War on Drugs) melalui upaya P4GN, menjadi sebuah strategi yang tepat

Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Permendagri Nomor 130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan diperkuat dengan Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Melalui Rapat Konsolidasi BNN Kota Bontang dan Pemerintah Kota Bontang ini diharapkan dapat menyatukan persepsi dan pandangan bersama terkait pelaksanaan kebijakan terutama “Program Kelurahan Bersinar” sehingga terjadi sinkronisasi kebijakan BNN Kota Bontang dengan Pemerintah Kota Bontang cq. pemerintah kelurahan. Diharapkan pelaksanaan “Program Kelurahan Bersinar” akan lebih optimal, terstruktur, sistematis dan massif dalam rangka mewujudkan Bontang Bersih Narkoba.

2. PELATIHAN LIFE SKILL BERSINAR ;
Pelatihan Life Skill bertujuan agar masyarakat memiliki keahlian dan dapat meningkatkan perekonomiannya serta terhindar dari pengaruh bahaya narkoba.
Melalui kegiatan pelatihan life skill terutama di zona bahaya menjadi zona aman atau bersih narkoba. Kegiatan ini termasuk pengembangan wirausaha yang menghasilkan produk-produk inovatif dan kreatif dll. Dalam hal pemasaran, BNN Kota Bontang dan Pemerintah Kota Bontang bersama MASATA akan menyiapkan pangsa pasar potensial yang dapat menampung produk yang dihasilkan oleh peserta pelatihan yang tentunya dengan kualitas yang baik dan mempunyai daya saing.

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antar unsur Pentahelix dengan masyarakat dalam mengimplementasikan upaya penanggulangan narkoba.
Bagaimanapun partisipasi masyarakat memegang peran yang sangat penting dalam mendukung upaya P4GN. Pelatihan Life Skill ini merupakan langkah yang tepat untuk membuka peluang yang luas dalam menghasilkan mata pencaharian serta sangat efektif sebagai upaya menghindarkan masyarakat di daerah rawan narkoba agar terhindar dari ancaman penyalahgunaan narkoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini