Sabtu, 27 Juli 2024

P3D KONUT Soroti Aktivitas Tambang di Blok Morombo, Diduga Ilegal

Salah satu jety yang ada di blok Morombo diduga dipakai untuk pengapalan hasil produksi tambang ore nikel

WANGGUDU TRENNEWS.ID I Persatu Pemuda Pemerhati Daerah Konawe Utara (P3D-KONUT) menyoroti aktivitas penambangan ore nikel di Blok Morombo, di Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, Minggu (21/1/2024)

P3D KONUT dalam ketenangan tertulisnya menyebutkan, dari hasil investigasi mereka ternyata Blok Morombo ini sedang melakukan aktivitas produksi besar-besaran.

Mereka menduga ore nikel yang diproduksi itu dikapalkan dengan menggunakan salah satu terminal milik perusahaan CV Unaaha Bakti Persada (UBP).

“Unaaha Bakti Persada atau biasa disebut CV UBP diduga merupakan pintu keluar ore nikel yang kami duga berasal dari beberapa aktivitas ilegal di Blok Morombo dari dugaan barang bukti kejaksaan tanpa lelang, aktivitas koridor di CV Malibu, ACM dan koridor antara UBP dan PT Antam Tbk dugaannya memakai dokumen dan tersus milik CV UBP,”kata Ketua P3D KONUT, Jefry.

Kata Jefry, tudingan tersebut bukan tanpa dasar. Pihaknya telah melakukan investigasi sekitar dua bulan untuk mengetahui persis apa seperti apa kejadian di Blok Morombo itu.

Ia menjelaskan, mulusnya aktivitas tersebut seakan sudah terstruktur bahkan seakan ada backup atau tameng besar sehingga tidak tersentuh oleh pihak aparat penegak hukum (APH).

Aktivitas tersebut dibuat seakan legal dengan cara ore nikel hasil ilegal mining di tampung di stok file UBP atau Stok file BTC (Nama Stok file yang di dekat tersus CV UBP).

Ore nikel itu seakan-akan dibuat berasal dari aktivitas di IUP CV UBP dan memakai dokumen CV UBP untuk selanjutnya dikapalkan.

Menurut dia, Syahbandar UPP Molawe sebagai pemegang kebijakan persetujuan surat berlayar tidak mengetahui asal usul barang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini