Senin, 24 Juni 2024

Pejabat Bupati Kolut Berencana Mengubah UPTD Pasar Sentral Lacaria Menjadi BLUD, Sukanto: Akan Memberikan Beragam Manfaat

Pejabat Bupati Kolaka Utara,

LASUSUA TRENNEWS.ID I Pejabat Bupati Kolaka Utara, Dr. Ir. Sukanto Toding, MSP, MA, melakukan kunjungan ke Pasar Sentral Lacaria di Lasusua pada Jum’at (2/2/2024)

Dalam kunjungan itu, Pj Bupati Kolaka, Sukanto Toding mengatakan, Pasar Sentral Lacaria perlu ada traspormasi Sebab, berdasarkan pengamatannya selama berada di pasar tersebut, ia melihat nampak kalau Pasar Sentral Lacaria belum dikelola secara maksimal. Termasuk masalah kebersihan pasar serta kurang optimalnya koordinasi antara Dinas Perdagangan dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) terkait retribusi.

Kedepan kata Sukanto Toding, Pasar Sentral Lacaria akan di transpormasi dari UPTD menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Transportasi ini, menurut dia, dapat membantu dalam meningkatkan tata kelola pasar, serta mengoptimalkan pemanfaatan aset daerah guna mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

“Harus menjadi BLUD, targetnya pertengahan tahun paling lambat akhir tahun harus diupayakan, namun saat ini kita harus membenahi pasar dengan UPTD pasar, sehingga pengelolaan lebih optimal,” kata Sukanto Toding

Lebih lanjut ia katakan, transformasi menjadi BLUD tidak hanya akan membuat pasar menjadi lebih mandiri secara finansial, tetapi juga akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan daerah.

“Kita berharap pasar ini dapat menjadi lebih mandiri secara finansial, mampu menghidupi dirinya sendiri, dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan daerah. Dengan demikian, pasar tidak hanya menjadi tempat transaksi ekonomi, tetapi juga menjadi salah satu sumber pendapatan yang penting bagi kemajuan daerah,” tambahnya.

Sementara untuk menjalankan rencana ini, Pj Bupati mengatakan, langkah awal yang harus diambil, seperti memperbaiki kondisi pasar dengan menugaskan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) pasar untuk sementara waktu. Sambil bersiap untuk proses menjadi BLUD mulai dari pertengahan tahun dan diupayakan selesai pada akhir tahun. “Langkah ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam pengelolaan pasar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, berubah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Pasar Sentral Lacaria akan memberikan beragam manfaat bagi pengelolaan pasar dan pembangunan daerah secara keseluruhan. Seperti:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini