Senin, 17 Juni 2024

Pj Bupati Bombana Resmikan Pembangunan Rumah Sakit Tipe D di Pulau Kabaena

Detik-detik Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto (rompi hijau) melekatkan batu pertama pada projek pembangunan Rumah Sakit (RS) Tipe D di Pulau Kabaena. Foto: Azizah/Trennews.id

BOMBANA, TRENNEWS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana secara resmi memulai pembangunan Rumah Sakit Pratama Kabaena di wilayah kepulauan Kabaena, Sabtu, (8/6/2024)

Peresmian ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto, didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Man Arfa, beserta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bombana termasuk para Camat, Lurah, dan Kepala Desa.

Dalam sambutannya, Edy Suharmanto menuturkan bahwa pembangunan Rumah Sakit Pratama Kabaena akan berlangsung secara bertahap. Dimana tahap awal, Pemkab Bombana mengalokasikan anggaran sebesar 2 miliar rupiah untuk tahun 2024, dan Proses pembangunan akan dilanjutkan pada tahun berikutnya.

“Hari ini adalah tahap awal pembangunan RS Pratama Kabaena, anggaran yang disediakan sebesar dua miliar rupiah. Tahun selanjutnya akan dilakukan untuk tahapan berikutnya,” tuturnya.

Edy juga menyindir data kasus rujukan dari Pulau Kabaena ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten selama tahun 2023, yang mencapai 349 kasus, termasuk 283 kasus rawat inap dari enam kecamatan di Pulau Kabaena.

“Masalah ini menjadi keresahan masyarakat Pulau Kabaena. Kami berharap dengan adanya RS Pratama di kepulauan Kabaena dapat menjadi solusi atas permasalahan ini,” tambahnya.

Disisi lain, Edy juga berharap Pembangunan RS Pratama Kabaena tahap awal ini dapat selesai sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan, dengan target operasi pada penghujung tahun 2024.

“Semoga pembangunan RS Pratama Kabaena bisa diselesaikan sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan, dan di penghujung tahun 2024 sudah bisa beroperasi melayani masyarakat, sehingga tidak ada lagi keluhan masyarakat terkait kendala jarak dalam menjalani perawatan medis,” harap Edy.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bombana, Darwin, menyatakan apresiasinya atas dimulainya pembangunan rumah sakit di Pulau Kabaena. Ia juga menegaskan komitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dengan menyediakan fasilitas dua unit ambulans, baik darat maupun laut.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah yang ikut prihatin sehingga dapat mewujudkan pembangunan Rumah Sakit Pratama Kabaena ini,” ujarnya.(Azizah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini