Selasa, 27 Februari 2024

BUMDES Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat Desa

Agustamar,SP Pemerhati Tani dan Nelayan

BUMDES di bentuk berdasarkan Undang- Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Menteri Desa No. 4 Tahun 2015 tentang pendirian, pengelolaan, Pengurusan dan Pembubaran BUMDES.

Jadi perihal ini bumdes masih tergolong belia dan masih tahap beranjak dewasa dan tulisan ini berargumentasi bahwa sebagian Bumdes belum maksimal tapi tidak menganggap sepenuhnya gagal, Karena pertumbuhan suatu usaha apapun jenis usahanya setidaknya membutuhkan waktu untuk sampai pada tingkat matang.

Berbagai pihak mungkin berargumen bahwa terdapat beberapa Bumdes berkembang sangat cepat dalam kurung waktu yang relatif singkat, namun penulis tidak berangkat dari contoh kasus spesifik melainkan mengambil pertimbangan yang realistis dari kondisi desa- desa yang variatif dalam melaksanakan suatu kegiatan dan program.

Kemampuan BUMDES untuk berkembang dan berfungsi sesuai harapan bergantung pada ketersediaan basic material dan social asset, ini merupakan modal awal BUMDES yang harus di miliki secara proporsional dan relatif seimbang.
Menurut literatur setidaknya ada empat modal yang di kategorikan untuk perkembangan Bumdes juga sebagai peran strategis

1. Natural Capital – adalah ketersediaan Sumber Daya Alam (Tanah, Air, Udara, Sumber daya Genetik dll. ) Serta aspek lingkungan seperti , siklus musim, pencemaran polusi dll.) Termasuk aspek topografi, iklim dan letak wilayah semisal berapa jarak ke kota dan pasar terdekat, kemudian akses dan transportasi menentukan kemudahan usaha Bumdes. Sebagai konklusi Usaha Bumdes di cirikan, ‘dari, Untuk, dan Kemana Usaha Bumdes akan di kerahkan.

2. Economic Or Financial Capital – adalah basis Modal Meliputi ( Uang Tunai, Kredit, Tabungan, Modal Penyertaan dan Aset Ekonomi Lainnya.) Termasuk infrastruktur dasar, peralatan produksi dan teknologi yang di butuhkan untuk menjalankan usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini