Senin, 27 Mei 2024

Jalan By Pass VS Revitalisasi Kakao, Sama-Sama Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Jalan by pass dan revitalisasi kakao sama-sama untuk mensejahterakan masyarakat Kolaka Utara

By pass vs Revitalisasi Kakao adalah 2 Proyek strategis dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat. Kedua-duanya berjalan penuh dengan tantangan, baik dari segi pengalokasian anggaran maupun dari sisi politik.

By pass dibangun dengan misi memudahkan masyarakat dalam hal moda transportasi. Sedang Revitalisasi kakao digelar dengan misi untuk meningkatkan inkam perkapita atau dengan kata lain upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kedua proyek strategis ini berjalan tidak dibarengi dengan dokumen perencanaan yang matang, sebut saja Jalan by pass dibangun hanya dengan konstruksi yang sederhana sehingga untuk menyelesaikannya butuh waktu dua periode kepemimpinan Bupati dan patut kita syukuri saat ini sudah berfungsi sebagai jalan primer.

Revitalisasi kakao juga tidak dibarengi dengan perencanaan yang matang, satu-satunya dokumen yang memuat dengan jelas adalah RPJMD 2017-2022, namun tidak ditindak lanjuti dengan dokumen rencana aksi terutama bagaimana cara melibatkan belasan ribu petani pada puluhan ribu hektar kebun kakao milik rakyat yang akan direvitalisasi.

Karenanya banyak masyarakat petani kakao yang seharusnya lahannya ikut menjadi sasaran kegiatan revitalisasi namun tida tersentuh. Sebaliknya ada yang mendapatkan alokasi bibit namun tidak menanamnya.

Hal ini diperparah dengan kondisi dunia yang dilanda Pandemi Covid 19 sehingga kegiatan revitalisasi ini efektif berjalan hanya 2 tahun. Namun lagi-lagi patut disyukuri bahwa kakao di Kolaka Utara saat ini memberi dampak kesejahteraan yang luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini