Selasa, 16 Juli 2024

Kelompok Tani Temmanginggi Kolut Mulai Pembenihan Padi Menggunakan Tray, Mantik: Metode ini Lebih Efektif dan Efisien

Mantik, Sekretaris Kelompok Tani Temmanginggi Batu Putih Kabupaten Kolaka Utara

LASUSUA TRENNEWS.ID I Memasuki musim penanaman padi di Kelurahan Batu Putih, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Kolaka Utara. Kelompok Tani Temmanginggi saat ini sudah mulai melakukan tahap persemaian.

Sekretaris Kelompok Tani Temmanginggi, Mantik mengatakan, inovasi persemaian padi sistem kering dengan menggunakan tray merupakan cara baru dalam menyemai benih padi. Kata dia, keunggulan penanaman benih cara ini yakni bisa menambah jumlah tanam pertahun, dapat dilakukan di lahan kering, di luar areal tanam/sawah, hemat lahan dan air, mengurangi potensi gagal karena banjir, mudah dilakukan, praktis dalam pemanenan bibit (hanya digulung saja), biaya kerja lebih murah, bibit lebih tahan dari hama penyakit, serta bibit dapat terawat dan terkontrol dengan baik.

Metode ini sudah banyak dilakukan oleh beberapa petani di daerah lain, karena secara ekonomis, pembibitan padi hemat lahan ini bisa menghemat waktu dan lahan untuk penyiapan tanaman padi yang berurutan,” kata Mantik kepada trennews.id pada, Selasa (6/2/2024) pagi di tempat penyemaian padi di pekarangan rumahnya.

Lebih lanjut Mantik katakan, penyemaian cara ini menjadi kegiatan sampingan yang tidak membutuhkan waktu khusus dan tempat khusus. “Cukup dipekarangan rumah, sambil ngopi, penyemaian bisa dilakukan, tidak perlu berpanas-panasan dan badan kotor, benih juga lebih tahan terdapat hama penyakit karena perlakuan awalnya sudah diberikan fungisida,” sambung Mantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belum ada komentar disini
Jadilah yang pertama berkomentar disini